Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android

Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android, Bagi kamu yang suka ngoprek, smartphone menawarkan beragam fitur canggih yang memudahkan kamu dalam menggunakannya. Kamu juga bisa menggunakan keleluasaan dalam mengkustomisasi isinya. Seperti dalam Android, kita akrab dengan kegiatan Rooting.


Namun, banyak para Opreker pengguna Android ini ada kalanya terganggu masalah keamanan. karena demi menjamin keamanan sebuah smartphone buatannya, vendor sengaja mengunci bootloadernya.

Pada dasarnya setiap smartphone Android pasti memiliki bootloader ini terjadi agar kernel sistem operasi dapat nyala dan berjalan secara normal. Namun karena merupakan sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android memiliki bootloader yang berbeda pula. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda.

Kenapa bootloader dikunci oleh vendor? Ini bertujuan agar kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan vendor. Manfaatnya jelas adalah garansi
Keuntungan memiliki smartphone yang telah unlocked bootloader, kamu bisa dengan leluasa meng-install custom ROM seperti CyanogenMod atau SlimRom. Tapi jika ternyata bootloader kamu terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya dulu.

cara mengetahui status locked atau unlocked bootloader yaitu :
  • Menggunakan Adb. Download dulu AdbDriver disini atau disini, lalu ekstrak dan install.
  • Matikan smartphone Android kamu, lalu masuk Fastboot. dengan menekan tombol Power dan Volume Up bersamaan. Ciri smartphone yang masuk Fastboot Mode adalah ada tulisan Fastboot di layar. 

  • Apabila gagal dengan menggunakan tombol kombinasi, maka kamu bisa masuk Fastboot lewat CMD Promp. Caranya: di folder Adb yang kamu ekstrak, tekan Shift + klik kanan mouse dan pilih Open Command Windows Here. Lalu ketikkan adb reboot bootloader

  • Masih di CMD Promp, untuk mengetahui status bootloader smartphone, kamu cukup ketikkan fastboot oem device-info lalu Enter. Maka akan muncul hasilnya.
**KETERANGAN**:
(bootloader) Device unlocked: true --> Maka _bootloader_ sudah UNLOCKED
(bootloader) Device unlocked: false --> Maka _bootloader_ masih LOCKED
Jika terbuka bootloader-nya, maka kamu bisa leluasa menentukan sikap jika ingin memasang custom ROM. dan jangan sekali-kali install custom ROM jika smartphone kamu masih terkunci bootloader-nya dan jika tidak mau terkena bootloop nantinya

Demikianlah Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android Semoga Artikel Ini Bermanfaat

ATTENTION: Artikel Tutorial di blog ini diperoleh dari referensi yang telah ada jika ada kelasahan dan kekurangan mohon untuk memberikan kritik dan sarannya. Dan untuk support situs ini agar memberikan tutorial yang bermanfaat bisa donasi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comments

[*] Saya menunggu komentar anda..
[*] Kalo ada yang error mohon kasih tau admin, supaya bisa secepatnya untuk diperbaiki..
[*] Komentar dengan link promo akan masuk spam.
[*] Tambahkan Spasi Setelah Memasukan Kode Emoticon..