Pertama di dunia, Acer Luncurkan Tablet dengan Chrome OS

T-DROID6 - Chrome OS biasanya dipakai di perangkat laptop, desktop, all in one (AiO) dan konvertibel. Namun kini ada tablet yang memakai Chrome OS sebagai sistem operasinya. Perusahaan asal Taiwan ini mengumumkan Acer Chromebook Tab 10 yang menjadi tablet pertama yang didukung sistem operasi berbasis cloud Google yakni Chrome OS. Tablet ini sekaligus menjadi yang pertama di dunia dengan basis Chrome OS.  Acer Chromebook Tab 10 ditenagai chipset OP1, chipset yang sama yang sebelumnya digunakan di laptop Samsung Chromebook Plus.

Tablet ini menawarkan sebagian besar spesifikasi yang sebanding dengan iPad dan memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh Apple, seperti stylus built-in. Didukung CPU Dual Core Cortex A72 dan Quad Core Cortex A53. Kinerjanya diperbantukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Chromebook Tab 10 dibekali dengan warna biru di bagian belakang dengan dimensi seluas 172, 2 x238,2 x 9,98 mm dan bobot seberat 550 gram. Untuk bentangan layarnya sendiri yakni seluas 9.7 inchi dengan menggunakan layar jens LCD yang mempunyai resolusi 2048 x 1536 Pixel.

Pertama kali di dunia, Acer Luncurkan Tablet dengan Chrome OS
Foto: Gizmochina
Tablet ini turut dibekali dengan kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP dibagian depan. Namun dipasangkan dengan speaker stereo. Menariknya lagi, tablet ini juga mendukung beragam aplikasi Android. Fitur lainnya meliputi baterai yang diklaim mampu bertahan 9 jam dalam sekali pengisian daya, WiFi, Bluetooth 4.1, jack audio 3,5 mm, dan stylus Wacom EMR untuk navigasi yang lebih presisi.

Secara keseluruhan, Chromebook Tab 10 mempunyai dimensi yang cukup ringkas, dengan ketebalan 9,98 mm dan bobot 550 gram. Yang cukup menarik, setiap unit Chromebook Tab 10 bakal datang membawa aksesori berupa stylus buatan Wacom. Bukan sembarang stylus, tapi yang berteknologi EMR (electro-magnetic resonance), yang berarti stylus sama sekali tidak memerlukan baterai. Acer mengklaim bahwa perangkat ini akan tahan hingga 10 jam dengan dukungan USB Tyoe C yang mendukung

Tentu saja yang menjadi daya tarik utama dari perangkat ini adalah sistem operasinya. Di samping itu, ke depannya Acer juga menjanjikan dukungan atas konten augmented reality, spesifiknya Google Expeditions AR. DisplayPort sehingga bisa terhubung ke layar tambahan jika dibutuhkan. Chromebook Tab 10 ini juga sudah mendukung Play Store, alhasil bisa menginstal aplikasi android. Selain itu, Tab 10 mendukung augmented reality di kelas seperti Google's Expeditions AR. Dukungan Stylus cukup bagus, tetapi yang paling terasa adalah aksesori keyboard. Salah satu alasan utama mengapa Chromebook dan laptop Windows 10 yang murah sangat populer di kelas adalah karena dibekali keyboard, masukan yang lebih disukai untuk menyelesaikan pekerjaan nyata. Acer telah mengkonfirmasi bahwa Chromebook Tab 10 akan tersedia secara komersial di Amerika Utara dengan banderol USD 329 atau setara dengan Rp 4,5 juta.

Kesimpulan: 
Itulah penjelasan tentang Pertama kali di dunia, Acer Luncurkan Tablet dengan Chrome OS. Informasi Chrome OS merupakan sistem operasi terbuka yang dirancang oleh Google Inc untuk berkerja secara ekslusif dengan aplikasi Web. Apakah Anda tertarik dengan tablet dari Acer? Kita tunggu saja peluncuran tablet dari Acer ini. Tapi, sayang sejauh ini masih belum ada informasi apakah Acer juga akan membawanya ke pasar Asia.

ATTENTION: Artikel Tutorial di blog ini diperoleh dari referensi yang telah ada jika ada kelasahan dan kekurangan mohon untuk memberikan kritik dan sarannya. Dan untuk support situs ini agar memberikan tutorial yang bermanfaat bisa donasi melalui: Paypal atau Pulsa.

Comments

[*] Saya menunggu komentar anda..
[*] Kalo ada yang error mohon kasih tau admin, supaya bisa secepatnya untuk diperbaiki..
[*] Komentar dengan link promo akan masuk spam.
[*] Tambahkan Spasi Setelah Memasukan Kode Emoticon..